Taman Sriwedari merupakan salah satu tempat yang menjadi pusat perkembangan kesenian dan kebudayaan di Kota Solo. Taman ini dibangun oleh Pakubuwono X dan awalnya merupakan tempat rekreasi dan peristirahatan bagi keluarga kerajaan. Pembangunan taman ini terinspirasi dari keberadaan sebuah taman di surga. Kemudian, Taman Sriwedari ini diresmikan pada tanggal 1 Januari 1902.

Taman ini berlokasi di Jalan Slamet Riyadi No. 275, Solo. Di dalam kawasan ini, terdapat beberapa tempat yang biasanya berfungsi sebagai tempat pertunjukan kesenian. Di bagian depan, ada sebuah pendapa yang sering digunakan sebagai tempat pertunjukan tari. Selain itu, pendapa ini juga digunakan untuk tempat berkumpul.

Di depan pendapa tersebut, terdapat patung Rama dan Sinta. Patung tersebut terinspirasi dari salah satu fragmen sendratari Ramayana dan dibuat sebagai perayaan 100 tahun Taman Sriwedari pada tahun 2002.

Tempat lain di kawasan ini yang sering berfungsi sebagai tempat pertunjukan adalah Gedung Wayang Orang. Seperti namanya, bangunan ini merupakaan tempat pertunjukan wayang orang, salah satu kesenian khas Solo. Gedung pertunjukan ini pernah dipugar di tahun 1994.

Pertunjukan wayang orang ini digelar secara rutin dari hari selasa sampai sabtu. Dimulai dari jam 20.00 WIB sampai jam 23.00 WIB. Tiket masuk untuk menonton pertunjukan ini hanya 3 ribu rupiah.

Di dalam Taman Sriwedari ini juga terdapat berbagai kios yang menawarkan aneka benda seni hingga budaya. Saat Anda datang ke tempat ini, Anda bisa menemukan kios yang menjajakan lukisan, wayang, dan sebagainya. Tidak hanya itu, di kios lain Anda juga bisa menemukan penjual kuda lumping, aneka kerajinan dari bambu, dan berbagai kerajinan lain.

Taman Sriwedari biasanya ramai dikunjungi pada malam hari. Selain karena adanya pertunjukan wayang orang yang rutin diadakan di tempat ini, orang-orang ramai ke sini untuk menikmati aneka permainan yang ada di Taman Hiburan Rakyat (THR). Taman Hiburan Rakyat merupakan arena bermain yang masih berada di kawasan Taman Sriwedari, namun pengelolaannya dilakukan oleh pihak swasta. Taman ini berlokasi di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, No. 275, Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah, Indonesia. (Foto: nativeindonesia.com)

By Published On: Selasa, 15 Oktober 2019Views: 664

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!