Saat Anda berada di wilayah Solo dan sekitarnya, Anda bisa mencoba berkunjung ke Museum Sangiran. Tempat ini menjadi pusat perhatian dunia karena terdapat berbagai penemuan mengenai kepurbakalaan yang cukup menggemparkan. Bagi para wisatawan yang menyukai benda-benda kuno, museum ini bisa menjadi tempat wisata terbaik. Di museum ini, banyak terdapat fosil-fosil langka yang diduga menjadi awal dari peradaban di dunia.

Setelah melakukan penelitian selama berpuluh-puluh tahun, Museum Sangiran ini sudah mengoleksi 13.809-an fosil. Angka tersebut tentunya merupakan angka terbesar dalam sejarah museum di Indonesia. Bahkan, museum ini terbilang museum paling lengkap se-Asia. Ada juga yang mengatakan jika Museum Sangiran ini merupakan situs paling besar di dunia. Maka, tidak heran jika banyak peneliti yang datang ke museum ini untuk melakukan berbagai penelitian.

Ruangan dalam Museum Sangiran ini terbagi menjadi tiga, yakni ruang pamer 1, ruang pamer 2, dan ruang pamer 3. Sebelum memasuki ruang pamer yang pertama, Anda bisa melihat salah satu hal menarik di sana yakni suatu tempat yang memuat lahar purba yang hampir berusia dua juta tahun. Lahar tersebut berasal dari letusan Gunung Lawu yang terjadi berjuta-juta tahun silam.

Ruang pamer 1 memperlihatkan berbagai hasil penemuan dan penelitian yang dilakukan sejak masa G.H.R. Von Koegniswad dan beberapa peneliti asing lain. Penemuan yang dipamerkan di ruang ini berupa fosil-fosil yang ditemukan di wilayah situs Sangiran. Sedangkan ruang pamer dua berisi urut-urutan kehidupan manusia mulai dari manusia purba sampai dengan manusia modern. Di ruang kedua ini, para wisatawan bisa melihat audio visual yang disediakan yang memperlihatkan proses terjadinya alam. Ruang pamer ketiga berisi patung replika kehidupan manusia zaman Homo Erectus, berbagai hewan purba baik hewan darat maupun hewan laut seperti gajah purba, buaya, kerbau, ikan, kepiting, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa mengunjungi museum ini di Desa Kalijambe, Kecamatan Sangiran, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi Museum Sangiran ini strategis sehingga para wisatawan bisa mencapainya dengan mudah. (Foto: Akprind.ac.id)