Yogyakarta memiliki banyak daerah yang menyimpan banyak destinasi wisata yang indah, salah satu daerahnya yaitu daerah Gunung Kidul. Terdapat berbagai macam goa yang ada di Gunung Kidul yang dapat para wisatawan nikmati pesona keindahannya. Goa di Gunung Kidul antara lain ada Goa Pindul, Gua Tanding, Gua Rancang Kencono dan Goa Jomblang. Salah satu Goa yang paling menarik yaitu Goa Jomblang yang akan dibahas kali ini.

Goa Jomblang merupakan gua yang berbentuk vertikal karena permukaan tanah yang runtuh. Runtuhnya tanah di area tersebut tidak membuat tanaman yang tumbuh di atasnya menjadi hancur, tetapi tanaman tersebut menjadi ikut kebawah dan tumbuh sempurna sehingga membentuk hutan di dalam Goa Jomblang. Hutan tersebut diberi nama yaitu hutan purba.

Goa Jomblang ini menjadi ikon dikawasan geopark gunung Sewu setelah ditentukan sebagai anggota Geopark network. Dahulu pada tahun 2011 obyek wisata ini pernah dipakai syuting pada sebuah acara game show dari Amerika. Hal itu karena keindahan cahaya matahari yang masuk ke dalam gua membuat para wisatawan merasa terpukau. Cahaya tersebut sering disebut dengan cahaya dari surga.

Ujung dari Goa Jomblang ini adalah Goa Grubuk sumuran tunggal sedalam 90m, merupakan sumuran terdalam di pulau jawa. Fenomena sungai bawah tanah di dasar luweng grubug dan pemandangan kearah atas sangatlah menakjubkan. Dua Stalagmit berukuran besar berwarna hijau kecoklatan berdiri tegak di tengah dasar Goa Grubuk. Pada pukul 13.00 sinar matahari akan menerobos masuk melalui mulut goa, ibarat sebuah cahaya ilahi yang terpancar indah dan membuat stalagmit ini berkilauan.

Ada kegiatan yang bisa anda lakukan di Goa Jomblang. Salah satunya yaitu menyusuri gua. Jika anda ingin mencari pengalaman, anda dapat mencoba kegiatan tersebut saat anda mengunjungi Goa Jomblang. Ada beberapaakses untuk masuk ke Goa Jomblang yaitu akses viv, akses A, B dan C. Untuk akses viv anda dapat menyusuri gua dengan berjalan kaki kemudian turun dari ketinggian sekitar 20 meter. Sedangkan untuk akses A (80 meter), B (60 meter, dan C (40 meter)

Lokasi
Goa Jomblang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Goa Jomblang terletak sekitar 55km dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh selama 1-2 jam

 

Kondisi Jalan
Kondisi jalan menuju Goa Jomblang sudah baik, pengunjung bisa menggunakan big bus, mobil ataupun sepeda motor.

 

Fasilitas Kamar mandi, Mushola, Tempat Parkir, Warung makan

By Published On: Selasa, 10 Desember 2019Views: 640

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!