Menapakkan kaki di kawasan Museum Ullen Sentalu terasa balutan hawa sejuk (15-25° Celcius) dan suasana hening yang menyatu dengan alam pegunungan disekitranya yang sekaligus memberikan rasa damai serta khidmat.

Area seluas 1,2 hektar yang dikembangkan secara bertahap tersebut bernama Dalem Kaswargan atau Rumah Surga, dimana Museum Ullen Sentalu berada. Jalan masuk menuju ruang pamer museum maupun artshop dan restoran berupa kelokan, undakan, serta labirin akan memberikan nuansa nostalgia, perenungan dan keindahan.

Beberapa bagian bangunan dan unsur yang melengkapinya, seperti gapura, dinding tembok, taman, kolam, mencerminkan keagungan budaya leluhur yang sudah ada sejak masa silam.
Berbagai jenis unsur bangunan Jawa terlihat pada layout dan struktur bangunan bergaya Indis dan post-mo yang bersatu-padu menciptakan harmoni secara menakjubkan.

Koleksi berupa lukisan dan foto foto tokoh sejarah budaya Mataram Islam, kain batik vorstenlanden, karya sastra, arca arca kebudayaan Hindu Buddha, dan koleksi etnografi era Mataram Islam. Itu membingkai kisah sosial ekonomi politik seni sejarah dan budaya Jawa, terutama kisah para putri di kraton Mataram yang tidak banyak dikisahkan kepada masyarakat awam.

Ruang Koleksi Museum Ullen Sentalu dibagi dalam beberapa ruang. Yang pertama Ruang Selamat Datang (Ruang Tamu). Kemudian ada Ruang Seni dan Gamelan yang menyimpan seperangkat koleksi gamelan. Ruang ketiga adalah Guwo Selo Giri yang menjadi ruang pamer lukisan tokoh kunci yang mewakili empat kerajaan Dinasti Mataram.

Selanjutnya Kampung Kambang, bangunan unik yang dibangun di atas air yang menampilkan koleksi batik, syair, hingga album hidup GRKay. Yang terakhir adalah Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa yang merupakan museum outdoor yang memamerkan patung-patung Dewa dan Dewi dari abad ke-8 dan ke-9.

Museum : Ullen Sentalu
Alamat : Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta
Telepon : +62 274 895161
Website : ullensentalu.com
Email : ullensentalu@gmail.com
Facebook : Museum Ullen Sentalu
Twitter : @ullensentalu