Salah satu Satuan Kerja (Satker) yang berada di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Badan Otorita Borobudur (BOB) turut bersiap menyambut penerapan New Normal. Caranya dengan menyebar belasan gentong berisi air di beberapa titik lokasi wisata di DIY. Uniknya lagi, gentong air yang dipasang diklaim mampu ikut mencegah penyebaran Covid-19 karena didesain secara khusus.

“Mulai kemarin (10/6) kami sebar dan pasang sekitar 12 gentong air di beberapa lokasi wisata,” imbuh Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB) Indah Juanita, Kamis (11/6).

Sekitar 12 gentong air itu disebar ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro sebanyak 6 unit. Lalu TIC dan Desa Wisata Nglinggo masing-masing 1 unit gentong air. Lalu kawasan Pantai Baron dan Parangtritis masing-masing 2 unit gentong air.

“Saat New Normal nanti tentunya budaya hidup sehat harus selalu dilakukan. Akan banyak tempat-tempat cuci tangan dan kami memilih gentong air untuk sarana mencuci tangan,” jelasnya.

Indah menyebut, gentong air untuk mencuci tangan dibuat berbeda dengan tempat cuci tangan umumnya. Sebab, untuk penyediaan gentong air, pihaknya turut melibatkan UMKM di Bantul, sementara instalasi unik juga dipasang di gentong air tersebut.

“Instalasi gentong air didesain khusus dengan meniadakan sentuhan tangan ke tempat sabun dan kran air. Dialihkan semua ke pijakan kaki yang ada di bagian bawah. Tempat gentong juga didesain khusus dengan motif batik,” urai Indah.

Menurut Indah, di internal BOB, pihaknya juga melakukan langkah persiapan New Normal. Langkah utama adalah melakukan pembersihan dengan menyemprot cairan disinfektan ke lokasi destinasi wisata yang berada di bawah pengelolaan BOB salah satunya di Deloano Glamping Purworejo.

“Seperti saat ini kami membersihkan dan menyemprot dengan disinfektan kawasan wisata Deloano Glamping di Purworejo,” tuturnya.

Menurut dia, kegiatan penyemprotan sebagai bagian sterilisasi ini merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio sebagai upaya preventif penyebaran Korona dengan menjaga kebersihan lingkungan.

“Sebelumnya di lingkungan BOB terutama di kantor juga telah dilakukan upaya pencegahan dengan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermometer gun bagi karyawan dan masyarakat yang berkunjung ke kantor BOB. Selain itu, disediakan pula hand sanitizer di berbagai sudut ruangan dan setiap lantai,” tandas dia.

 

Sumber : https://www.suaramerdeka.com/regional/kedu/231253-gentong-air-unik-kreasi-bob-cegah-covid-19

Penulis : Gading Persada

By Published On: Jumat, 12 Juni 2020Views: 171

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!