Penutupan kegiatan Aktivasi Destinasi melalui pelatihan dan pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Desa Wisata Kenalan, Magelang (20/9/2020). Acara ini menandai berakhirnya rangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan AKB di Desa Wisata Kenalan yang telah berlangsung selama 1 pekan dari tanggal 14 sampai 20 September 2020.

Penutupan dilakukan oleh Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Otorita Borobudur, Bapak Bisma Jatmika.

Pada penutupan kegiatan tersebut berlangsung juga penandatanganan komitmen yang ditandatangani oleh pengelola wisata Desa Wisata Kenalan.

BOB menggandeng Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) Pariwisata untuk mensukseskan kegiatan ini. Dari hasil audit yang dilakukan oleh auditor menyimpulkan bahwa Desa Wisata Kenalan telah siap menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai dengan aturan dalam AKB sektor pariwisata.

Sebelum dilakukan audit oleh LSU Pariwisata, Pengelola Wisata Desa Kenalan telah diberikan pelatihan dan pendampingan melalui sosialisasi aturan kenormalan baru, Pelatihan tentang Visitor
Management, Menghitung Carrying Capacity di Daya Tarik Wisata,
Mengatur Alur Pengunjung, Zonasi Kunjungan Wisatawan, Pengelolaan Sistem Transportasi, Layanan Prima dan Sapta Pesona.

Kegiatan pelatihan selama 3 (tiga) hari kemudian dilanjutkan dengan Pendamping yang dilakukan oleh para ahli dibidang kepariwisataan. Para pendamping turun langsung ke lokasi untuk membantu penyesuaian aturan kenormalan baru di Desa Wisata Kenalan.

“BOB berkomitmen untuk membantu pelaku wisata dalam menghadapi kenormalan baru pariwisata. Untuk kegiatan Aktivasi Destinasi melalui pelatihan dan pendampingan yang telah dilakukan di desa wisata Kenalan ini, akhirnya kami memfokuskan pada dua lokasi yaitu objek wisata Bukit Gondopuriwangi dan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Kenalan”, ungkap Bisma.

Dalam waktu yang bersamaan, juga sedang melangsungkan kegiatan serupa di kawasan wisata Ketep Pass, yang diikuti oleh pengelola desa wisata Banyuroto, Wulunggunung dan Ketep. Sebagai puncak rangkaian kegiatan AKB di Destinasi Wisata Jawa Tengah nantinya akan dilakukan deklarasi bersama seluruh pengelola wisata.