Download Versi Pdf Klik Disini

Kawasan wisata di sekitar Borobudur dan Yogyakarta menyimpan potensi yang sangat besar sebagai destinasi pariwisata nasional dan internasional. Daya tarik Borobudur dan Yogyakarta sebagai destinasi wisata sejarah yang semakin dikenal di dunia menjadikan kawasan ini menjadi salah satu kawasan yang saat ini sedang diprioritaskan pengembangannya oleh pemerintah. Selain itu, nuansa budaya yang masih kental serta wisata alam yang masih asri juga menjadi daya tarik tersendiri di mata wisatawan.

Kawasan Borobudur yang secara administratif berada di Kabupaten Magelang menyimpan berbagai wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, beberapa diantaranya ada Bukit Punthuk Setumbu yang menjadi destinasi favorit para pemburu sunrise. Pemandangan kabut tipis dengan siluet Candi Borobudur dan barisan pepohonan menjadi pesona tersendiri yang dimiliki Punthuk Setumbu. Bagi penikmat wisata alam yang menantang adrenalin, aktifitas rafting atau arung jeram menyusuri Kali Oya
maupun Kali Progo juga menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Magelang.

Yogyakarta yang sering disebut sebagai “pintu masuk Borobudur” juga memiliki banyak destinasi wisata
yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Di wisata sejarah dan budaya, Yogyakarta memiliki berbagai destinasi pilihan, diantaranya Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Keraton, Benteng Vredeburg, Makam Raja Imogiri, Kawasan Kota Gede, dan beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satu daerah di pinggiran Yogyakarta yang menyimpan pesona alam yang selalu memukau mata adalah Bantul. Beberapa destinasi yang menjadi langganan para wisatawan diantaranya Kawasan Mangunan yang menawarkan berbagai wisata seperti Hutan Pinus, Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk Kediwung dan masih banyak lainnya. Tidak lupa juga jejeran pantai selatan seperti Pantai Parangtritis, Pantai Goa Cemara, Pantai Depok yang merupakan wisata populer di Bantul.

Selain pantai-pantai di daerah Bantul, wisatawan juga banyak memburu kawasan pantai di Gunungkidul. Sebagian besar pantai di Gunungkidul memiliki pasir putih yang lembut yang menjadi favorit wisatawan. Selain itu, beragam aktifitas yang dapat dilakukan di beberapa pantai di Gunungkidul juga menjadi alasan banyaknya wisatawan tertarik mengunjunginya. Sebut saja Snorkeling di Pantai Sadranan, Surfing di Pantai Wediombo, dan aktifitas menantang menyeberangi jembatan dan mencoba gondola di Pantai Timang.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata alam yang tenang dapat mengunjungi Kawasan Perbukitan Menoreh di Kulon Progo. Adanya pembangunan Bandara NYIA yang rencananya akan rampung April 2019 juga berdampak pada kawasan wisata Perbukitan Menoreh yang semakin dibenahi untuk menunjang pariwisata Yogyakarta. Beberapa destinasi yang menjadi rekomendasi para wisatawan antara lain Taman Sungai Mudal, Air Terjun Kedung Pedut, dan Wisata Alam Kalibiru.