Download File PDF – Kalender Event Wisata Surakarta 2019

Solo atau Surakarta merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang cukup dikenal sebagai kawasan wisata yang masih kental dengan budayanya. Ciri utama pariwisata Solo adalah wisata seni, budaya, wisata sejarah serta wisata belanja. Selain itu, lokasi Solo yang tidak jauh dari kawasan lereng Gunung Lawu juga memiliki daya tarik bagi wisatawan yang ingin berlibur menikmati keindahan alam yang masih asri.

Beberapa tujuan wisata sejarah diantaranya Keraton Kasunan Surakarta yang merupakan lambang besar Kota Solo, Puro Mangkunegaran yang menjadi pusat seni dan budaya di Kota Solo, kawasan Kampung Batik Laweyan yang terkenal sebagai salah satu pusat batik tertua di Kota Solo, dan beberapa situs-situs candi yang tersebar di kawasan Solo.

Bagi wisatawan yang ingin mengetahui sejarah evolusi manusia bisa mengunjungi Situs Prasejarah Sangiran merupakan situs arkeologi di Indonesia yang pada tahun 1996 telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Sangiran merupakan situs yang sangat penting bagi para ilmuwan untuk mempelajari evolusi manusia. Hingga saat ini, terdapat 100 fosil manusia Homo Erectus yang mewakili
lebih dari setengah dari populasi Homo Erectus yang ada di dunia.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata belanja, Solo memiliki beberapa pasar tradisional yang merupakan pusat-pusat batik dan fashion. Seperti halnya Pasar Beringharjo di Yogyakarta, Solo memiliki Pasar Klewer dan Pasa Gedhe yang menjadi tujuan utama para pemburu batik khas Solo.