MAGELANG (BOB)- Badan Otorita Borobudur menyelenggarakan rangkaian kegiatan aktivasi destinasi melalui pelatihan dan pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru di Destinasi Pariwisata Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Wisata Kenalan, Kab. Magelang, Senin, 14 September 2020. Rangkaian kegiatan meliputi Sosialiasi, Pelatihan, Pendampingan yang akan dilaksanakan pada 14-20 September 2020.

Dalam acara ini turut hadir tamu kehormatan perwakilan Kadisporapar Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Seksi Pengembangan Daya Tarik Wisata Provinsi Jawa tengah, Kadisporapar Kabupaten Magelang, Perwakilan CBT ( community best tourism) desa wisata, Bhakti Mandiri Wisata Indonesia ( BMWI ),dan Kepala Desa Wisata Kenalan.

Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB), Indah Juanita mengatakan, protokol kesehatan yang telah disusun pun perlu disosialisasikan kepada pengelola daya tarik wisata. Ini agar bersiap dan sebagai upaya untuk memenuhi protokol tersebut.

“Jadi pemenuhan protokol tersebut akan dilakukan dan dikawal agar sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan. Pada akhirnya daya tarik wisata yang telah memenuhi protokol akan mendapatkan pengakuan berupa sertifikat Self Declare. Sehingga, akan meningkatkan rasa kepercayaan kepada wisatawan saat berkunjung ke daya tarik wisata,” terang Indah.

Hal itu disampaikan aktivasi destinasi melalui pelatihan dan pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru di Destinasi Pariwisata Jawa Tengah di Desa Wisata Kenalan, Borobudur Kabupaten Magelang,  Senin (14/9/2020). Rangkaian kegiatan meliputi Sosialiasi, Pelatihan, Pendampingan yang akan dilaksanakan pada 14-20 September 2020.

“Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan SDM Pariwisata untuk menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ucapnya.

Menurut Indah, Sosialisasi, Pelatihan, Pendampingan, dan Self Declare Adaptasi Kebiasaan Baru dilakukan berupa sosialisasi kebijakan daerah, implementasi protokol Adaptasi Kebiasaan Baru, penghitungan carrying capacity, alur wisatawan, pemetaan zonasi wisatawan, taffic management di Destinasi dan verifikasi kesiapan pengelola dalam menyambut AKB.

“Selain itu, BOB juga telah memberikan dukungan sarana dan prasarana dalam menunjang implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru kepada pengelola Desa Wisata Kenalan ini,” tutur Indah.

Pelatihan dan Pendampingan di Destinasi Pariwisata Jawa tengah ini selain diselenggarakan di Desa Kenalan, BOB juga akan menyelenggarakan kegiatan serupa di kawasan wisata Ketep Pass, Magelang pada 17 September 2020.

“Pelatihan dan Pendampingan ini sebagai bentuk atau wujud kepedulian kita bersama untuk mendukung Destinasi dalam pemenuhan dan penerapan protokol kesehatan sebagai antisipasi terhadap penyebaran virus Covid-19. Pendampingan dilakukan langsung oleh tim teknis dan auditor yang berasal dari Lembaga Sertifikasi,” pungkas Indah.

By Published On: Senin, 14 September 2020Views: 179

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!